Minggu, 26 Maret 2017

sumber dan media pembelajaran bahasa arab



Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran Bahasa Arab
A.    Nama Media belajar                                        : Buku Bergambar
B.     Jenis Media belajar                                         : Visual
C.     Unsur/maharah bahasa                                    : Maharah Kalam
D.    Satuan pendidikan                                          : Madrasah Ibtidaiyah KelasV
E.     Durasi penggunaan                                         :20 menit
F.      Deskripsi sumber media pembelajaran           :
Media tebuat dari kertas karton dengan ukuran 20cm x 25cm. Didalamnya terdapat gambar tentang materi yang dijelaskan, contohnya tentang hewan. Pada setiap lembarnya terdapat gambar binatang dan tempat hidupnya serta terdapat nama binatang dalam bahasa arab di setiap lembarnya.  Dibelakang gambar  juga terdapat solasi doubletipe agar gambar dapat menempel disetiap lembarnya serta terdapat potongan kertas karton agar memberikan efek timbul pada gambar. Gambar berwarna agar lebih menarik peserta didik dalam pemberalajaran.

G.     Langkah-langkah penggunaan media
1.      Guru membuka buku didepan peserta didik agar peserta didik dapat melihat gambar dengan jelas .
2.      Guru mencontohkan peserta didik dalam pelafalan nya kemudian ditirukan oleh peserta didik.
3.      Guru memberikan contoh untuk mendeskripsikan atau hiwar tentang hewan yang ada pada gambar
4.      Guru meminta peserta didik untuk mendeskripsikan gambar sesuai dengan yang dicontohkan atau guru meminta dua peserta didik untuk melakukan hiwar didepan tentang deskripsi gambar tersebut.
5.      Mengevaluasi hasil deskripsi dari peserta didik
H.    Kelebihan dan kekurangan media      :
1.      Kelebihan Buku Bergambar
a.       Sifatnya konkrit
b.      Mudah dibawa kemana-mana
c.       Gambar dapat mengatasi ruang dan waktu
d.      Media gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
e.       Gambar dapat memperjelas suatu masalah.
f.        Belajar akan lebih menyenangkan dan tidak monoton.
g.      Media gambar mudah didapat dan digunakan.
2.      Kekurangan Buku Bergambar
a.       Warna pada buku kurang colorfull
b.      Kertas pada gambar kurang tebal sehingga mudal lusuh
I.           Kerangka Materi
A.    Mufrodat :
a.       Sapi                      بَقَرْ           
b.      Monyet                 قِرْدٌ
c.       Gajah                فِيْلٌ
d.      Unta                     جَمَلْ
e.       Singa                    أَسَدْ
f.        Kura-kura             زِلحَفَةْ
g.      Ikan                      سَمَكْ
h.      Katak                   ضِفْدَعْ
i.        Kuda                    حِصَانْ
j.        Jerapah                 زُرَافَةْ

B.     Kalimat Sederhana
Contoh untuk deskripsi:
البَقَر هِيَ حَيَوَانٌ كَبِيْرٌ
البَقَرٌ يأكُلُ الحَشِيْشَ
البَقَرٌ يَعِيْشُ في الزَّرِبَةِ
            Contoh Hiwar :
أحمد : السلام عليكم
عمر : وعليكم السلام
أحمد : كيف حالك، يا عمر؟
عمر : الحمد لله بخير ، وأنت؟
أحمد :أنا بخير أيضا،  ما هَذَا يا عمر؟
عمر : هَذا بَقَرْ، وما هَذا؟
أحمد :هَذا جَمَلْ . يا عمر ما طعام البقر؟
عمر : طَعَامُ بَقَر الحَشِيْشَ ز وماَ طَعام جَمَل ،يا أحمد؟
أحمد : طعأم جَملُ الحَشِيْشَ أيْضًا . يا عمر أين يَعِيْشُ بَقر؟
عمر : البقر يعيْشُ في الأرْضِ
أحمد : نَعم ، جمَلُ يَعِيْشُ في الأرْضِ أيْضًا

Tidak ada komentar:

Posting Komentar